Kamis, 11 Desember 2025

Semangat! Bimtek Penyusunan Kokurikuler di RDM 3.1 di MI Al Inayah Badean

 


Kamis, 11 Desember 2025 menjadi momen penting bagi KKMI kecamatan Blimbingsari! Kami bangga telah menjadi bagian dari peserta aktif dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) penyusunan kokurikuler RDM (Rapor Digital Madrasah) versi 3.1

Kegiatan kokurikuler, atau yang kini dikenal sebagai Projek P5RA, adalah jantung dari Kurikulum Merdeka yang fokus pada pembentukan karakter siswa. Melalui Bimtek ini, para guru telah mendapatkan pemahaman mendalam dan skill teknis untuk menginput nilai kualitatif yang berbasis perkembangan karakter ke dalam sistem RDM 3.1 yang terbaru.



Informasi Kegiatan

Item

Detail

Nama Kegiatan

Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan dan Penginputan Nilai Kegiatan Kokurikuler (Projek KOKURIKULER) dalam Aplikasi Rapor Digital Madrasah (RDM) Versi 3.1

Tanggal Pelaksanaan

Kamis, 11 Desember 2025

Waktu

jam 08.00 s.d. 14.00 WIB

Peserta

Guru dan Operator RDM dari sembilan (9) Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-Kecamatan Blimbingsari

Narasumber

Pengawas Madrasah KKM 05 Kecamatan Rogojampi dan Blimbingsari

 

Latar Belakang dan Fokus Materi

Bimtek ini diadakan sebagai respons terhadap pembaruan Kurikulum Merdeka di tingkat Madrasah, khususnya integrasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Pelajar Rahmatan Lil 'Alamin (P5RA) sebagai komponen kokurikuler wajib. Aplikasi RDM, yang menjadi sistem pelaporan nilai resmi, telah diperbarui ke versi 3.1 dengan modul khusus yang menuntut pemahaman baru dalam pengisian data kokurikuler.



Fokus utama Bimtek adalah:

  1. Pemahaman Konsep kokurikuler : Membedah Dimensi, Elemen, dan Sub-elemen Profil Pelajar Madrasah yang menjadi acuan penilaian.
  2. Mekanisme Penyusunan Projek: Langkah-langkah praktis mulai dari penentuan tema, alokasi waktu, hingga penyusunan modul projek.
  3. Teknis Input RDM 3.1: Panduan detail mengenai cara login, membuat Kelompok Projek, mengalokasikan Guru Fasilitator, hingga menginput Nilai Kualitatif (MB/SB/BSH/Sangat Berkembang) untuk setiap dimensi, bukan lagi nilai angka.

 

Baca juga panduan kokurikuler pada RA, MI, MTs, dan MA

 


Maksud dan Tujuan Kegiatan

1. Maksud Kegiatan

Maksud utama Bimtek ini adalah menyeragamkan pemahaman dan keterampilan teknis guru-guru madrasah dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai kegiatan kokurikuler (P5RA) serta memastikan bahwa hasil penilaian tersebut terdokumentasi dengan benar dan akuntabel di dalam sistem Rapor Digital Madrasah (RDM) versi 3.1.

 

2. Tujuan Kegiatan

  • Tujuan Teoritis: Peserta mampu memahami filosofi dan landasan yuridis pelaksanaan Projek kokurikuler sebagai bagian integral dari Kurikulum Merdeka di madrasah.
  • Tujuan Perencanaan: Peserta mampu menyusun modul projek Kokurikuler yang relevan dengan konteks lokal dan sesuai dengan tema yang ditentukan.
  • Tujuan Teknis: Peserta mahir dalam mengoperasikan fitur-fitur baru RDM 3.1, khususnya pada modul kokurikuler, termasuk pengaturan tema, alokasi jam, dan penginputan capaian kualitatif.
  • Tujuan Pelaporan: Menghasilkan laporan rapor digital yang valid, informatif, dan deskriptif mengenai perkembangan karakter serta kompetensi siswa melalui projek.

 

 Manfaat Kegiatan bagi Guru-guru Madrasah

Bimtek ini memberikan manfaat signifikan dan langsung bagi peningkatan profesionalisme serta efektivitas kerja guru madrasah di Kecamatan Blimbingsari:

Aspek Manfaat

Deskripsi Manfaat

Keahlian Teknis (Hard Skill)

Guru dan Operator mahir menggunakan RDM 3.1, sehingga proses pengisian nilai rapor kokurikuler menjadi cepat, tepat waktu, dan minim kesalahan. Ini sangat penting mengingat RDM adalah sumber data resmi pelaporan Kemenag.

Peningkatan Profesionalisme

Guru memahami bahwa penilaian kokurikuler berfokus pada perkembangan karakter (Dimensi Profil), bukan hanya hasil produk. Ini meningkatkan kualitas asesmen yang dilakukan guru, dari sekadar nilai angka menjadi deskripsi kualitatif yang mendalam.

Efisien Waktu Kerja

Dengan panduan yang jelas, guru dapat menghindari kebingungan dalam format pelaporan, mengurangi waktu trial and error, dan dapat lebih fokus pada proses pembelajaran yang inovatif daripada masalah administrasi.

Validitas dan Akuntabilitas Data

Data nilai yang diinput seragam antar lembaga dan sesuai dengan format RDM 3.1, menjamin validitas rapor siswa. Hal ini menjadi bukti akuntabilitas madrasah kepada wali murid dan pihak Kemenag.

Kolaborasi dan Jaringan

Pertemuan sembilan lembaga MI memfasilitasi berbagi praktik baik (best practice) dalam pelaksanaan projek KOKURIKULER, memungkinkan guru saling belajar dan mengadopsi ide-ide projek yang sukses.

 baca juga KMA Nomor 1503 Tahun 2025


Contoh Tema Projek Kokurikuler

Tema: Gaya Hidup Berkelanjutan (SDG/Lingkungan)

Topik Projek: "Sampahku, Tanggung Jawabku: Bank Sampah Kreatif Madrasah"

Projek ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran lingkungan dan keterampilan kewirausahaan sederhana melalui pengelolaan sampah anorganik.

Dimensi Profil dan Elemen yang Dikembangkan

Dalam RDM 3.1, penginputan nilai Kokurikuler fokus pada capaian siswa pada dimensi-dimensi profil berikut:

Dimensi Profil

Elemen Profil yang Diamati

Indikator Kualitatif yang Dinilai

1. Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia (Dimensi Wajib Madrasah)

Akhlak kepada Alam

Siswa menunjukkan kepedulian dan tanggung jawab untuk menjaga lingkungan madrasah tetap bersih dan asri sebagai bentuk ibadah.

2. Gotong Royong

Kolaborasi

Siswa bekerja sama secara aktif dalam kelompok untuk mengumpulkan, memilah, dan mengolah sampah menjadi produk bernilai (misalnya: ecobrick atau kerajinan daur ulang).

3. Mandiri

Pemahaman Diri dan Situasi

Siswa mampu mengidentifikasi solusi kreatif untuk masalah sampah di madrasah dan mengambil inisiatif untuk melaksanakan tugasnya tanpa disuruh.

4. Kreatif

Menghasilkan Karya dan Tindakan Orisinal

Siswa merancang dan membuat produk baru (kerajinan) dari bahan daur ulang, menunjukkan ide yang unik dan berguna.

 

Contoh Penginputan Nilai Kualitatif di RDM 3.1

Di akhir projek, guru fasilitator akan menginput nilai kualitatif (berupa deskripsi capaian), bukan angka.

Nama Siswa

Dimensi P5RA

Capaian Kualitatif

Ahmad

Gotong Royong

Berkembang Sesuai Harapan (BSH)

Deskripsi Ahmad: Mampu bekerja sama dengan teman, aktif memilah sampah, dan selalu menawarkan bantuan kepada kelompoknya.

Fatimah

Kreatif

Sangat Berkembang (SB)

Deskripsi Fatimah: Menghasilkan ide orisinal dalam mendaur ulang botol plastik menjadi pot bunga hias, dan mampu mempresentasikan langkah kerjanya dengan jelas.

Rudi

Mandiri

Mulai Berkembang (MB)

Deskripsi Rudi: Masih memerlukan bimbingan dan dorongan dari guru untuk menyelesaikan tugas memilah sampah. Belum sepenuhnya menunjukkan inisiatif sendiri.

 

Share:

0 komentar:

Posting Komentar